Minggu, 16 April 2017

Peg Id dan NUPTK

Apa perbedaan PegID dan NUPTK.

Masihkah Anda bingung mengenai perbedaan dua nomor ini?
PegID atau singkatan dari Pegawai Register Identitas ini seringkali dikaitkan dengan NUPTK.
Banyak yang bertanya apakah fungsi PegID sama juga dengan fungsi NUPTK. PegID memang ada kaitannya dengan NUPTK, namun itu pada era Padamu Negeri, sebagai sarat pengajuan NUPTK.
Perbedaan PegID dan NUPTK itu sendiri, juga terletak pada pemegang masing-masing. Maksudnya, Setiap yang memiliki NUPTK dipastikan memiliki PegID, Namun yang memiliki PegID belum tentu memiliki NUPTK.
Secara garis besar, dan tata letak pemberian nomor'nya saja sudah berbeda. Pada Peg-Id terdapat 14 nomor, yang dimana 6 angka awal adalah identitas NPSN sekolah. Sedangkan untuk NUPTK terdapat 16 angka dan tentu keduanya berbeda antara GTK satu dengan yang lain.
Kegunaan Peg-Id ? : 
*Sebagai identitas Anda di Satuan Pendidikan dimana Anda mengajar.

*Sebagai syarat Anda mengikuti sebuah Diklat Formal (seperti :Implementasi Kurtilas)
                       
*Sebagai pengajuan NUPTK bagi yang belum memilikinya (Versi Padamu Negeri)
pada pengajuan NUPTK, yang saya maksudkan adalah, pengajuan NUPTK pada era portal padamu negeri.
Namun pada tahun 2016 penerbitan NUPTK sudah dialihkan ke PDSPK melalui aplikasi Dapodik


Lalu Apakah NUPTK itu?
Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau yang disebut NUPTK ini, merupakan sebuah nomor yang bisa dibilang cukup "sakral". Kenapa? karena hanya orang-orang yang memenuhi syaratlah yang berhak memilikinya?
 Saya memenuhi syarat, kenapa tidak mendapatkan NUPTK?.
Berhak atau tidaknya tergantung Anda sendiri, jika memenuhi persyaratan yang telah ditentukan ya bisa dibilang Anda itu berhak memilikinya. Walaupun kadang kita merasa itu tidak adil, namun apa boleh buat peraturan tetaplah peraturan.
Penerbitan NUPTK dibawah tahun 2012
Pada penerbitan sebelum tahun 2012 masih terbilang mudah, masih menggunakan manual. Pihak sekolah mengirimkan secara kolektif calon penerima NUPTK ke UPTD Pendidikan atau langsung ke Dinas Pendidikan setempat. Syarat yang masih mudah dan proses yang lumayan mudah tidak pasti Anda bisa memiliki NUPTK pada era ini. Kenapa? saya juga tidak tahu, karena masih banyak yang tidak punya pada era-era ini. (butuh koreksi).
Kemudian Penerbitan NUPTK dilanjutkan lewat Situs Padamu Negeri
Pada era ini, NUPTK mulai dilakukan secara online. Pastinya melibatkan tenaga ahli, yaitu operator sekolah. Pembuatan NUPTK lewat situs Padamu Negeri bisa dibilang cukup memasuki era-era rumit, kenapa ? seiring berjalannya waktu syarat semakin sulit yaitu adanya SK Bupati / Walikota serta prosesnya sedikit ruwet.
Pada penerbitan NUPTK lewat situs Padamu Negeri juga sedikit mengalami gejolak. Yaitu tidak diakuinya / kevalidan NUPTK "jebolan" dari Padamu Negeri ini di aplikasi Dapodik. Namun sekarang mungkin permasalahan tersebut sudah diselesaikan.

Akhirnya sampailah kita pada Penerbitan NUPTK Melalui Aplikasi Dapodik
Untuk era tahun 2017 sekarang, pembuatan atau penerbitan NUPTK mengalami perubahan yang cukup signifikan, yaitu lewat aplikasi Dapodik dan diteruskan ke verval GTK untuk dimasukkan ke daftar calon penerima NUPTK.
Jadi mungkin anda sudah bisa memahami perbedaan dan fungsi Peg-Id dengan NUPTK
#Dari berbagai sumber



7 komentar:

  1. sangat membantu,
    lalu bagaimana cara mengecek PEG ID bapak/ibu?

    BalasHapus
  2. Saya baru mengajar selama 6bulan apakah bisa mendaftar peg id?
    Bagaimana cara mendapatkan peg id?
    Apa saja syarat2 nya ?

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara mengubah per ID menjadi NUPTK di Simpatika karena sebelumnya per ID tapi sekarang saya sudah punya NUPTK

    BalasHapus
  4. Ada yang punya Peg ID sebelum berganti NUPTK. Bagaimana cara mencarinya?

    BalasHapus
  5. Kalau untuk madrasah kan menggunakan EMIS, bukan DAPODIK. lalu bagaimana pengajuan pembuatan NUPTK jika dari sekolah madrasah pak?

    BalasHapus
  6. Yang sudah memilki PegID dapatkah mengajukan NUPTK
    Mohon pencerahannya Karena untuk mengisi semua aplikasi Dapodik Emis Simpatika Siaga guna mengikuti PPG, SK/TMT 2014 honor murni

    BalasHapus

BEDA HONORER K1, K2 dan K3

Tahukah Anda Perbedaan Antara Honorer K1, K2 dan Honorer K3? Mungkin istilah honorer sudah tidak asing lagi terdengar bagi mereka yan...